Pemkot Sebut Gelaran Pilwakot Tak Terkendala

Walikota Bandarlampung, Herman HN, saat memberikan keterangan ke awak media. (Foto: Lampungone.com/Heridho)

LAMPUNGONE.COM, BANDARLAMPUNG- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengadakan rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwakot) Tahun 2020 bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, KPU dan Bawaslu tingkat provinsi dan kota, serta Polda Lampung dan Korem 043 Garuda Hitam.

Walikota Bandarlampung, Herman HN mengatakan, dalam pemilihan walikota dan wakil walikota, pemkot Bandarlampung tidak ada permasalahan.

“Masalah pemilihan walikota, kita sudah siap semua lancar gak ada permasalahan di kota ini,” ujar Herman, usai rapat koordinasi kesiapan pilkada di ruang rapat walikota, senin (14/9).

Terkait dengan kekurangan anggaran yang belum dibayarkan, ia mengatakan akan membayarkan.

“Ya kan itu belum dipake, mereka perlunya di bulan November, pokoknya akan tetap kita bayarkan,” jelas Herman.

Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, pada kegiatan monitoring persiapan pilkada itu, Forkopimda setempat mengingatkan beberapa hal kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung.

“Kami ingatkan mulai dari tahapan awal pilkada, sampai dengan hari pemungutan hingga penghitungan suara, agar semua harus diantisipasi terkait ketertiban dan keamanannya,” kata Nunik, usai melakukan monitoring pilkada di Gedung Semergou Lingkungan Kantor Pemkot Bandarlampung, Senin (14-9).

Selain itu, Forkopimda Provinsi Lampung juga menyoroti pendanaan pilkada oleh pemkot setempat kepada jajaran penyelenggara dan pengawas.

“Dalam hal ini, Nilai Pokok Hibah Daerah (NPHD). Karena KPU anggarannya masih kurang Rp13 miliar dan Bawaslu kurang Rp4 miliar,” terangnya.

Meski demikian, dia menyebutkan Pemkot Bandarlampung telah memastikan untuk memenuhi anggaran pilkada sesuai NPHD yang telah disepakati.

“Hanya saja persoalan waktu untuk pemenuhan anggarannya yang terlambat. Namun kami percaya pemkot akan melunasi persoalan anggaran pilkada ini,” sebutnya.

Kemudian, terkait persoalan kesehatan bagi anggota KPU dan Bawaslu Bandarlampung, Pemkot setempat telah melakukan rapid test atau tes cepat kepada seluruh jajaran penyelenggara pilkada tersebut.

“Hanya saja, permintaan KPU untuk melakukan uji swab terhadap jajarannya, nanti akan kami koordinasikan terlebih dahulu kepada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, bahwa memungkinkan atau tidak untuk diswab,” jelasnya.

Sedangkan terkait pelaksanaan pilkada di tengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19), Nunik meminta agar semua bakal calon kepala daerah (bacalonkada) mematuhi protokol kesehatan. “Karena kami berharap, jangan sampai ada kluster covid-19 di pilkada nanti,” harapnya.

 

Editor: M.Roni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penusukan Syekh Ali Jaber Diharapkan Tak Terjadi Kembali

Sen Sep 14 , 2020
LAMPUNGONE.COM, BANDARLAMPUNG- Terkait penusukan Syekh Ali Jaber yang terjadi di Masjid Falahudin, Jalan Tamin No.45 Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjungkarang Barat. Bakal Calon Walikota (Bacawakot) Bandarlampung, Eva Dwiana, menyayangkan kejadian penusukan yang menimpa Syekh Ali Jaber tersebut. “Saya sebagai warga Bandarlampung, bahwa kita semua warga Bandarlampung, tidak ingin terjadi seperti ini, […]

Lampung One

www.lampungone.com Adalah Portal Berita Resmi Media Lampung One, sebagai media yang berimbang dan terpercaya dalam menyajikan kintonten berita diantaranya Pendidikan, Hukum, Politik, Sosial, Daerah, Nasional, Olahraga

Pemimpin Redaksi
(Penanggung Jawab) :
Munzir, SE

Pemimpin Perusahaan :
Devri Partindo MR, ST

Dewan Redaksi Media Group :
– Mega Utama, SE,
– Usman Mursyid. S. Ag,
– Ganjar Slamet, SE., MM.

Redaktur :
Erwin Maulidra Zulhidha.

Bandar Lampung :
– Raden Dwi W. P
– Susiana
– Devri Partindo MR, ST

Pesawaran:
– Enal Prabu
– Roni

Pringsewu:
– Madin A. Syaif (Kepala Biro),

Tanggamus :
– Plt. Munzir, SE (Kepala Biro)
– Yudi Hendrawan
– Sukardi,
– Fabdillah Holistiani,
– Umroh

Lampung Timur :
– Yandri

Lampung Utara :
– Heri Setiawan
– Danang

Tulang Bawang :
– Yuliadi
– Roy sanjaya

Tulang Bawang Barat :
– Mirhan

Lampung Barat :
– Riki

Pesisir Barat :
– Indra Kesuma