Debu dan Bau Busuk Limbah Bungkil PT SJAI Dikeluhkan Warga Karang Maritim

LAMPUNGONE.COM, BANDARLAMPUNG- Warga Jalan Tol Sudarso, Kelurahan Karang Maritim, persisnya sekitaran pelabuhan Ferry, mengeluhkan akan debu bungkil sawit, yang diduga dari PT Sinar Jaya Agro Investama (SJAI).

Selain debu yang menghitam, warga pun kerap merasakan gatal-gatal dan air sumur terkadang keruh.

“Ya kami ini dapat debunya saja mas, lihat saja sendiri ini, berulangkali di sapu tetap saja debunya ada,” kata Ernawati, warga Karang Maritim, seraya mengusap etalase warungnya dan menunjukkan hitamnya debu di telapak tangannya, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/9).

Bukan hanya itu, perempuan usia 43 tahun ini menyebut, jika akibat bungkil sawit tersebut, selain menimbulkan penyakit, air di drainase menimbulkan bau busuk.

“Apalagi kalau hujan mas, aliran drainase menjadi makin bau, seperti bau bangkai,” ucapnya.

Senada diucapkan tetangga disebelahnya Sarma Nababan, (60) ia mengaku jika adanya penumpukan bungkil sawit itu sudah lama. Namun, untuk pembangunan yang sedang berjalan baru berjalan dua bulan lalu.

“Debu dari bungkil sawit sampai ke rumah-rumah warga sehingga menimbulkan penyakit. Hampir 30 menit sekali saya ini menyapu debunya apalagi kalau apa mobil bungkil bongkar itu debu bisa hitam,” jelasnya.

Tak hanya soal debu, namun juga keluarganya terserang penyakit gatal-gatal dan sesak nafas akibat bungkil sawit itu.

“Anak saya sudah mengalami gatal di tangan akibat debu itu, kami juga pernah sesak nafas akibat menghirup debu itu,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan, aktivitas bungkil sawit ini sudah terjadi sejak dua tahun lalu, namun pembangunan gudang baru sekitar dua bulan lalu.

“Sebelumnya memang tidak ada gudang, dan bongkar muatnya pun tidak selalu ramai, saat ini makin ramai mas kendaraan keluar masuk untuk bongkar bungkil sawit, sehingga debunya sering berterbangan,” keluhnya.

Disinggung, apakah warga pernah lapor atau mengadu ke pihak perusahaan. Menurutnya,
Ia pun bersama warga sudah melakukan protes ke perusahaan tersebut, namun sampai saat ini tidak digubris.

“Protes warga sampai saat ini tidak didengarkan sama mereka, kami dapat debu saja, pernah dulu ada bantuan beras yang janda dapat 10 kilo dan yang berkeluarga 5 kilo gram,” paparnya.

Nah, dikonfirmasi di areal tumpukan bungkil sawit Panjang tersebut, pengawas lapangan Bambang mengatakan, kalau pemilik perusahaan tidak ada ditempat.

“Nggak ada yang bisa diwawancarai mas, disini orang kerja semua, kalau mau nanya-nanya silahkan ke Pahoman, kantor pusatnya,” kata dia.

Begitupun saat didatangi di kantornya yang beralamat di jalan Dr Susilo, Kecamatan Enggal, PT. Sinar Jaya Agro Investama, bagian penerima tamu (resepsionis)
mengatakan, kalau pimpinan dan pihak yang berwenang di wawancara tidak ada di tempat.

“Maaf mas, saya sudah konfirmasi, semua sedang sibuk ada yang rapat, maaf pak bisa menerima,” kata resepsionis.

Terpisah, Camat Panjang, Bagus Bramado mengatakan, ia belum mengetahui adanya aktivitas bungkil sawit tersebut. Oleh karena itu, ia akan meminta lurah setempat untuk melakukan pengecekan.

“Saya tidak tau adanya aktivitas itu, coba nanti saya koordinasi dengan pihak lurah,”katanya saat dihubungi melalui telepon.

Ia pun menyarankan kepada warga agar mengadu ke kantor kelurahan. “Saya berharap agar warga mengadu ke kantor kelurahan, agar kami juga tahu permasalahan ini, dan akan memberikan solusi serta tindakan kepada pihak perusahaan,” tandasnya.(ndo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sidak di 6 OPD Tanggamus, Ini yang Disampaikan Sekda

Rab Sep 9 , 2020
LAMPUNGONE.COM, TANGGAMUS- Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) sekaligus pembinaan di beberapa OPD Pemkab Tanggamus, Selasa (8/9). Sidak dilakukan di 6 Dinas, 1 Badan, 1 Bagian dan Inspektorat, yakni Dinas Koperindag, Dinas PPA Dalduk dan KB, Dinas Parbudpora, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu, […]

Lampung One

www.lampungone.com Adalah Portal Berita Resmi Media Lampung One, sebagai media yang berimbang dan terpercaya dalam menyajikan kintonten berita diantaranya Pendidikan, Hukum, Politik, Sosial, Daerah, Nasional, Olahraga

Pemimpin Redaksi
(Penanggung Jawab) :
Munzir, SE

Pemimpin Perusahaan :
Devri Partindo MR, ST

Dewan Redaksi Media Group :
– Mega Utama, SE,
– Usman Mursyid. S. Ag,
– Ganjar Slamet, SE., MM.

Redaktur :
Erwin Maulidra Zulhidha.

Bandar Lampung :
– Raden Dwi W. P
– Susiana
– Devri Partindo MR, ST

Pesawaran:
– Enal Prabu
– Roni

Pringsewu:
– Madin A. Syaif (Kepala Biro),

Tanggamus :
– Plt. Munzir, SE (Kepala Biro)
– Yudi Hendrawan
– Sukardi,
– Fabdillah Holistiani,
– Umroh

Lampung Timur :
– Yandri

Lampung Utara :
– Heri Setiawan
– Danang

Tulang Bawang :
– Yuliadi
– Roy sanjaya

Tulang Bawang Barat :
– Mirhan

Lampung Barat :
– Riki

Pesisir Barat :
– Indra Kesuma