DPRD Sarankan Sekolah Tatap Muka Bertahap

Ketua Komisi IV DPRD, Darma Setiawan. (Foto: Lampungone.com/Aji)

LAMPUNGONE.COM, BANDARLAMPUNG- Pemerintah sudah mengeluarkan izin sekolah tatap muka di daerah zona kuning persebaran virus corona (Covid-19).

Setidaknya ada 163 daerah zona kuning, data per 2 Agustus, yang mendapat izin tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD, Darma Setiawan mengatakan, kebijakan tersebut bisa saja dilaksanakan.

Namun, menurut dia, perlu melihat kesiapan pemerintah daerah dan sekolah yang akan membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Perlu adanya sarana dan prasarana pendukung untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Artinya, regulasi sudah ada dari kementerian tinggal kita ikuti bagaimana kebijakan daerah, hubungannya dengan gubernur, bupati, dan wali kota untuk menyakinkan itu. Kedua kebijakan dari tingkat pendidikan di sekolah, perlu ada kesiapan seperti sarana dan prasarana protokoler perlu dilakukan. Kalau sudah menganggap siap silakan saja,” kata, Rabu (12/8).

Selain itu, dia juga menilai perlu adanya persetujuan dari orang tua apabila masih mengkhawatirkan anaknya untuk kembali bersekolah di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kewenangan dari orang tua karena mereka juga merasa khawatir. Yang tidak mengizinkan karena itu juga hak orang tua harus dimaklumi dengan kondisi saat ini, bagaimana kita harus bijak menyikapinya,” tuturnya.

Apabila pembelajaran tatap muka di sekolah kembali dilaksanakan, pria akrab disaap Darma menyarankan agar hal tersebut dilakukan secara bertahap, mulai dari jenjang SMA/SMK kemudian disusul jenjang SMP, SD dan PAUD.

“Tentunya siswa SMK/SMK bisa dimulai terlebih dahulu, berikutnya SMP dan SD. Kami berharap bertahap karena kita berbicara bukan pendek, tetapi jangka panjang. Jangan sampai generasi anak kita kemudian dengan kondisi saat ini mengkhawatirkan kesehatan dan keselamatan anak. Karena ini penting, mereka sebagai aset kita,” tuturnya.

Sebagai anggota DPRD Bandarlampung, Darma mengaku mendukung dan memberi perhatian terhadap dunia pendidikan.

Dengan demikian, apabila ingin membuka kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah, menurutnya, harus benar-benar melihat kondisi jangan sampai berakibat fatal.

“Boleh dibuka dengan memperhatikan kondisi riil, jangan sampai membabi buta, bila sudah siap silakan. Pemerintah daerah dan sekolah harus memberikan fasilitasi terkait kesehatan pada siswa, jangan sampai muncul klaster baru,” kata dia.

Saat ditanya apakah proses pembelajaran daring sejauh ini sudah maksimal? Darma menyebut masih banyak kelemahan dan tidak bisa menggantikan pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Sebaik-baik belajar online masih ada kelemahan dan kekurangan, tidak bisa menggantikan pendidikan seperti terbentuknya karakter di anak-anak, pendidikan dengan cara transfer nilai dan ilmu tidak cukup, tetapi harus ada nilai attitude, atau sikap tidak mungkin bisa dilaksanakan kalau tidak bertatap muka,” ujarnya.

“Contoh riil sekarang, selama di rumah, anak pagi-pagi banyak belum mandi. Kalau anak sekolah, ia kebiasaan bangun pagi lalu mandi. Jadi sikap dengan belajar online tidak bisa terwakili melaksanakan nilai dalam pendidikan,” pungkasnya.

 

Editor: M.Roni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Budi Yuhanda Sosialisasi Kemandirian Pangan

Rab Agu 12 , 2020
LAMPUNGONE.COM, BANDARLAMPUNG- Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi NasDem Budi Yuhanda menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Lampung No. 12 Tahun 2017 tentang Kemandirian Pangan, Rabu (12/8). Dalam keterangannya Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Lampung ini mengatakan, sosialisasi Perda tersebut sangat dibutuhkan bagi warga yang terdampak secara ekonomi dan rentan akibat […]

Lampung One

www.lampungone.com Adalah Portal Berita Resmi Media Lampung One, sebagai media yang berimbang dan terpercaya dalam menyajikan kintonten berita diantaranya Pendidikan, Hukum, Politik, Sosial, Daerah, Nasional, Olahraga

Pemimpin Redaksi
(Penanggung Jawab) :
Munzir, SE

Pemimpin Perusahaan :
Devri Partindo MR, ST

Dewan Redaksi Media Group :
– Mega Utama, SE,
– Usman Mursyid. S. Ag,
– Ganjar Slamet, SE., MM.

Redaktur :
Erwin Maulidra Zulhidha.

Bandar Lampung :
– Raden Dwi W. P
– Susiana
– Devri Partindo MR, ST

Pesawaran:
– Enal Prabu
– Roni

Pringsewu:
– Madin A. Syaif (Kepala Biro),

Tanggamus :
– Plt. Munzir, SE (Kepala Biro)
– Yudi Hendrawan
– Sukardi,
– Fabdillah Holistiani,
– Umroh

Lampung Timur :
– Yandri

Lampung Utara :
– Heri Setiawan
– Danang

Tulang Bawang :
– Yuliadi
– Roy sanjaya

Tulang Bawang Barat :
– Mirhan

Lampung Barat :
– Riki

Pesisir Barat :
– Indra Kesuma